Minggu, 01 Juli 2012


TIPS MENDAKI BAGI PARA PEMULA

Gunung merupakan salah satu objek yang digemari para petualang alam sejak dahulu kala. Belakangan ini mendaki gunung menjadi sebuah olah raga yang banyak disukai terutama di kalangan remaja. Berikut adalah beberapa tips bagi pendaki baru yang ingin mendaki sebuah gunung :

1. Pengecekan Lokasi Gunung
Sebelum anda mulai melakukan pendakian ada baiknya ada mengecek dulu kondisi gunung seperti apa. Apakah siaga satu, ataukah layak didaki. Cek juga mengenai track yang akan anda daki. Informasi dapat anda terima melalui media yang ada. Namun kebanyakan pendaki memlih bertanya kepada pendaki lain yang lebih  berpengalaman atau kepada pendaki-pendaki yang pernah melakukan mountaineering di gunung tersebut.

2. Olahraga Rutin Minimal Sebulan Sebelum Pendakian
Latihlah stamina anda dengan berolah raga satu bulan sebelum pendakian. Lari pagi, push up dan sit up secara rutin dapat menambah stamina anda selama di gunung.

3. Bawa Barang Yang Penting Saja
Bawalah barang-barang yang anda anggap penting saja. Tenda dan peralatan hiking merupakan barang yang wajib dibawa. Contoh, Boneka adalah salah satu barang yang kurang penting.

4. Pengecekan Peralatan
Ceklah alat-alat pendakian anda. Kekurangan peralatan ketika mendaki dapat berakibat fatal terutama mengingat kondisi cuaca di gunung dapat berubah-ubah

5. Berlakulah Sopan Ketika Anda Mendaki
Ingat! Ini adalah peraturan tidak tertulis yang dianut pendaki gunung manapun. Selalulah bersikap sopan dan tidak bertindak macam-macam ketika anda di gunung karena anda berada di wilayah lain.

Dan jangan lupa selalu berdoa untuk keselamatan ketika mendaki. Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar